Mahasiswa Prodi Bisnis Kewirausahaan Hadirkan Sate Pisang “Yang Manise”



Mata kuliah Design Thinking merupakan salah satu mata kuliah backbone dalam kurikulum Prodi Bisnis Kewirausahaan Universitas Widya Mataram (UWM), yakni mengajarkan teori dan praktek untuk memecahkan permasalahan dan merencanakan suatu produk.

Dalam kesempatan ini Rochmah Insani (Sani) diberikan kesempatan untuk melakukan presentasi produk yang dihasilkan dari mata kuliah Design Thinking yakni sate pisang “Yang Manise”. Demikian yang diungkapkan Ardhi Khairi, SE., MBA, Jumat (25/5/2019) di Kopi Klotok.

Sani mengatakan “Yang Manise” berarti membuat senyum selalu manis dengan bahan baku pisang kapok kuning yang matang. Sedangkan packaging sementara ini dengan mika dan di sertakan logo produk. Kedepannya akan didesign dengan karton yakni untuk mengurangi sampah plastik /go green.

“Yang manise menawarkan berbagai varian rasa diantaranya coklat, tiramisu dan green tea. Harga cukup terjangkau yakni dalam satu pack dengan packaging mika Rp. 10.000,- (2 tusuk). Dalam satu hari bisa terjual 50 hingga 60 tusuk saat ini,” jelas sani.

Inge Gunawan yang merupakan mentor Design Thinking mengatakan dalam penentuan bahan baku harus ada Standar Opersional Produk (SOP) yang jelas, diantaranya pisang harus standar (ukuran sama), rasa harus tetap, bahkan lama waktu pembuatan juga harus dihitung.

“Yang manise, yang harus dilakukan saat ini yakni positioning produk, packanging bagus, diferensiasi produk/varian berbeda dengan pesaing, pemilihan bahan pisang bagus , bahkan bila ingin jualan di mall harus cepat dalam membuatnya. Tidak memiliki keunikan bisnis produk tidak akan bertahan lama,” jelas Inge.

©HumasWidyaMataram