Manajemen Keuangan dan Inovasi Kewirausahaan sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan



Peningkatan pendapatan pada setiap keluarga bukan hanya menjadi tanggung jawab dari suami. Pada zaman modern sekarang ini ibu-ibu rumah tangga juga bisa membantu suami dalam meningkatkan pendapatan keluarganya melalui wirausaha online yang didukung dengan manajemen keuangan.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mataram (UWM) diantaranya Ainun Hertikasari, SE., M.Acc., Ak (Prodi Akuntansi), Ascasaputra Aditya, SE., M.B.A. (Prodi Manajemen), Utami Tunjung Sari, SE., M.Sc. (Prodi Kewirausahaan), Niken Permatasari, SE., M.Sc (Prodi Kewirausahaan) menjelaskan hal itu dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh ibu-ibu rumah tangga di Prenggan, Kotagede Minggu (23/6/2019). Mahasiswa prodi Akuntansi, Manajemen dan Bisnis Kewirausahaan juga dilibatkan dalam pengabdian ini.

“Di era digital kita dituntut untuk selalu bergantung pada penggunaan internet, segala sesuatu menjadi sangat mudah dengan hadirnya berbagai macam aplikasi pada smartphone kita, hal inilah yang kami lihat sebagai peluang bisnis”, kata Asca.

Niken menjelaskan bisnis online adalah cara tepat dan efisien bagi ibu-ibu rumah tangga untuk dapat meningkatkan pendapatan keluarganya dengan menggunakan smartphone dan cukup melakukan transaksi jual belinya di rumah saja.

Sementara itu Utami juga menambahkan dari sisi waktu lebih fleksibel karena ibu-ibu rumah tangga tetap bisa mengurus rumahnya dan memantau bisnisnya hanya dengan menggunakan smartphone.

“Manajemen keuangan juga diperlukan dalam melakukan bisnis online yakni dengan memberikan pemahaman kepada ibu-ibu rumah tangga tentang penggunaan Microsoft Excel. Pencatatan manual dalam era digital ini sudah lama ditinggalkan dan beralih dari media komputer menjadi smartphone yang lebih praktis”, tutur Ainun.

Dari upaya tersebut Ainun berharap ibu-ibu rumah tangga bisa dengan mudah memperoleh pendapatan dan bisa membuat laporan keuangan secara praktis. Untuk itu dosen-dosen dari Fakultas Ekonomi menegaskan perlu adanya manajemen keuangan dan inovasi kewirausahaan dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga pada ibu-ibu rumah tangga. ©HumasWidyaMataram